Kamis, 24 November 2011

Guru adalah guru

Waahhh hari ini hari guru yahh???
menurut gue ini hari yang unik. Kenapa gue bilang unik?
karena ada sebagian dari kita yang mengucapkan terimakasih sama guru-guru kita hari ini aja, tapi pada kesehariannya para pelajar gk jarang loh yang mengumpat, sebel, kesel, gedek, dan bahasa-bahasa aneh lainnya ketika diomelin sama gurunya, dikasih tugas atau PR yang bejibun, yang aslinya sebenernya niat gurunya itu baik, yaitu supaya para muridnya enggak banyak maen.. (padahal gue termasuk yang sebel juga kadang-kadang sama guru -,-), hehehehe..

Yap, terkadang sikap guru emang suka bikin kita salah paham. Maklum lah, yang namanya pelajar itu kan masih labil. Gampang tersinggungnye sama guru yang ngajar. Diomelin dikit langsung kesel, trus nyumpahin deh. Apalagi kalo guru yang killer, setiap hari gak jauh dari doa, doa supaya dia sakit dan gak masuk ngajar. Beuhhh kalo udah gak masuk, rasanya kayak gak jadi upacara kalo senen, girang beneerrrr..

Begitulah nasib jadi guru, dibilang pahlawan tapi banyak yang sebel kalo terlalu over saat mengajar. Penghargaan dan pujian terhadap guru terjadi disaat hari guru atau ketika kelulusan berlangsung. Wahh semua guru tiba-tiba jadi pahlawan super buat murid, ada yang sampe nangis sesengrukan meluk-meluk tuh guru. Begitu juga sebelum ujian kelulusan, wahh guru-guru berubah jadi dewa (lebay). Pada minta maap, ngasih makanan, minuman, oleh-oleh dari arab bermerk tanah abang, atau oleh-oleh dari aussie bermerk toko depan komplek.

Pengalaman jadi guru pernah diceritain sama temen gue, dia itu temen kecil gue yang baru aja pulang dari suatu pelosok di sulawesi selatan. Dia mengajar anak-anak SD disana selama satu tahun. Waahhh perjuangan yang berat tuh, mengajar di pelosok yang belum ada listriknya, dan juga gak ada sinyal disana. Cuma karena udah panggilan jiwa, dia malah seneng ngejalanin itu semua, ikhlas banget. Menurut gue gak semua orang bisa ngejalanin hal yang kayak gitu, diperlukan tekad yang kuat dan jiwa yang ekstra sabar ngadepinnya.

Dia cerita sama gue kalo anak-anak kecil disana gak kalah hebat dari anak-anak kota loh, walaupun disana semuanya sangat sederhana tapi otak mereka luar biasa banget. Dan tingkat religius mereka sangat diacungi jempol. Yang luar biasa lainnya adalah semangat mereka yang tak pernah padam dalam belajar, padahal untuk sampai ke sekolah ada yng menempuh berkilo-kilometer, persis kayak yang ada di film.

Namun ada kata-kata terakhir yang gak pernah dilupain temen gue dari sang murid disaat temen gue pamit untuk pulang ke jakarta karena baktinya mengajar selama setahun telah berakhir. disaat temen gue memberikan motivasi terakhir pada muridnya agar jika besar nanti menjadi orang yang hebat dalam segala bidang, menjadi orang yang sukses dan kaya, salah satu murid justru menjawab "Jika saya besar nanti saya akan menjadi seperti pak guru, saya akan bepergian ke pelosok-pelosok nusantara dan akan memberikan ilmu yang telah bapak ajarkan selama ini kepada mereka yang juga membutuhkan seperti saya sekarang"......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar