Selasa, 15 November 2011

Kepompong Dalam Persahabatan

Sore itu Anto yang emang lagi gemar-gemarnya online karena punya modem baru yang dia beli di PRJ kemaren,bener-bener asik ber-facebook ria. Cuaca diluar juga emang mendukung banget buat uring-uringan dikamar. Dengan ditemani segelas kopi hitam buatan ibunya, dan cemilan kue bole buatan kakaknya yang gratisan karena tinggal minta, Anto online walau belom mandi dari pagi.

“To, tumben onlen… mentang-mentang punya modem baru luh”. Tiba-tiba Dicka Menyapa Anto lewat chat di Facebook.

“Ahahaha kampret lu dick, gue kan pengen eksis di facebook kayak lu, hehehe. Eh dick, curhat colongan lagi gak nih kita??” Tanya Anto memancing Dicka untuk memulai acara favorit mereka berdua tiap harinya, yaitu CURCOL!!

“Wahh boleh-boleh, kebetulan To gue mau curhat nih. Tapi lu tolongin gue ya kali ini” harap Dicka.

“Iye bawel , mau cerita apaan??” Tanya Anto.

“Gini To,lu tau Yanti kan? Anak Ekonomi 2009 itu tuh?

“Iye tau” Jawab Anto kalem.

“Nahh, ceritanya begini To. Jadi gue itu suka banget sama Yanti, dan itu udah terjadi selama 2 bulan sampe sekarang. Katanya sih Yanti juga ada felling sama gue. Tapi gue gak pernah berani deketin dia, takut gue buat ngomong cinta sama cewek yang gue suka. Lu tau sendiri kan To gimana rasanya orang kalo lagi jatuh cinta? Tempe serasa sandwich To. Trus udah gitu kan….. blablablabla”.. Dicka terus cerita,sampe-sampe itu chat di FB jadi error, dan membuat internetnya jadi lemot. Untung modemnya gak jebol, hihihihi.

“Iya-iya gue ngerti Dick, trus sekarang lu mau minta tolong apaan??” Tanya Anto sebel, soalnya dia rada buru-buru karena udah maghrib. Dan kalo bapaknya tau dia masih online bisa-bisa dijual lagi itu modem.

“Gini To, elu bisa gak cari tau apa aja kesukaannya Yanti, mulai dari makanan, minuman, sampe barang-barang yang dia suka. Gimana bisa gak??” Tanya Dicka ngarep.

“Ooohhhh gitu,oke deh. Gampang itu mah Dick, kebetulan gue kenal kok salah satu sahabatnya Yanti, nanti malem gue tanyain deh. Besok baru deh gue kasih tau lu kesukaannya dia,okehh??”

“Oke deh To, lu emank temen gue yang jenius. Yaa walaupun teerkadang yang sering keluar malahan idiotnya, hehehe”

“sialan lo” jawab Anto misuh-misuh.



Keesokan harinya Anto dan Dicka ketemu dikampus, karena memang hari itu mereka berdua lagi melakukan ritual perbaikan nilai ala kampus, namanya UJIAN MANDIRI. Gak tau kenapa kampus memberi nama kayak gitu, yang jelas para mahasiswa bener-bener “dipaksa” ngefans sama kegiatan tersebut. Setelah melakukan ritual UJIAN MANDIRI, mereka membahas kelanjutan dari proyek mereka kemarin di kantin kampus. Dicka nampak antusias, maklum dia kan yang punya hajat.

“Gimana To? Udah dapet info belom tentang kesukaannya si Yanti?” Tanya Dicka menggebu-gebu, semangat banget. Mirip banteng gelingsatan liat kain merah.

“Tenang aja Dick, semua udah diatur” Jawab Anto santai. Lagaknya kayak detektif profesional, sambil menghisap rokok dan kaki diangkat sebelah. Anto melanjutkan omongannya.

“Yang gue tau, pertama-tama itu Yanti suka banget es potong Dick. Nahh denger-denger katanya si Yanti ada dikampus hari ini, sebentar lagi dia keluar kelas. Lu beli es potong sana, dia suka yang rasa pete” saran Anto.

“Kalo masalah dia suka es potong gue percaya nih To, nah yang jadi masalah lu yakin dia suka yang rasa pete???” Tanya Dicka merasa ada yang gak beres.

“Hehehe,dia sukanya rasa coklat sih Dick, sebenernya yang suka rasa pete itu gue. Sekalian beliin gitu” Jawab Anto cengengesan sambil ngiler, ngebayangin bakal dibeliin es potong rasa pete.

“Slomprett lu, oke gue beliin juga deh” Sahut Dicka rada males, si Anto yang kesenengan.

Lalu tanpa pikir panjang Dicka membeli es potong kesukaan Yanti di deket kantin, semua demi gadis impian Dicka, yaitu Yanti pastinyaa. Setelah membeli es potong, Dicka yang di temenin Anto menunggu Yanti muncul dari keluar kelas. Tapi yang ditunggu-tunggu belom nongol juga, berkali-kali Dicka celingak-celinguk melihat ke kelas Yanti, berharap Yanti segera keluar dan makan es potong bareng.

“Sialan, kalo begini caranya mah ini es potong keburu lumer jadi air. Elu sih To” kata Dicka panic, soalnya es potong yang dari tadi dia pegang nampak mulai melumer.

“Yeee, siapa yang nyuruh lu beli sekarang. Lagian bukannya nunggu dia keluar dulu, baru lu ajak ke tukang es potong, ehh ini malah dibeli sekarang” sahut Anto

“Ya kan elo yang tadi minta beli tuh es sekarang juga” Dicka juga gak mau ngalah.

“Maksud gue itu, lu beli es potong buat gue ya sekarang, kalo buat Yanti nanti aja pas dia keluar” jawab Anto kalem, sambil ngemut tetesan terakhir dari es potong yang di beliin Dicka.

“Sialll, yaudah daripada keburu lumer, mending gue makan aja duluan nih es potong” kata Dicka mantap, lalu mulai melahap es potong sampai habis.

Tapi sialnya, saat Dicka lagi asik-asikan makanin itu es, tiba-tiba Yanti keluar dari kelas bersama teman-temannya yang lain. Kontan Dicka pun panik bukan main, Anto juga bukan ngasih ide darurat ke Dicka, malah melarikan diri buat ngumpet. Akhirnya Dicka buru-buru lari ke tukang es potong buat beli lagi, niatnya sih langsung nyapa Yanti sambil ngasih tuh es potong, biar bener-bener surprise gitu. Eehhh setelah Dicka balik lagi dengan membawa es potong, si Yanti udah menghilang gak tau kemana. “yaahhhh belon jodoh” kata Dicka dalem hati, sedangkan Anto cekikkikan di balik WC tempat dia ngumpet.



“Oke dick, kemaren kita emang gagal. Udah donk jangan sedih, masih banyak cara nih” Rayu Anto kepada Dicka yang lagi ngambek dan uring-uringan gara-gara batal deketin Yanti. Anto yang sore itu lagi dirumah Dicka berusaha terus ngebujuk Dicka yang lagi mojok dikamar sambil ngemut permen kaki. Dicka emang begitu kebiasaannya kalo lagi ngambek, suka jadi anak TK lagi. Padahal dari tampangnya udah pas banget punya cucu.

“Yaudah gue semangat lagi, tapi rayu dulu donk” Rengek Dicka yang spontan bikin Anto enek setengah mateng.

“Yaudah, gue musti gimana lagi nih??” Tanya Dicka.

“Nahhh gue dapet kabar lagi, kalo sepulang kuliah Yanti suka nongkrong sendirian di hotspot deket perpus sambil online. Pas banget tuh, kalo dia lagi disana lu samperin deh sambil bawa minuman kesukaan dia, es jeruk, sama makanan kesukaannya, batagor gak pake saos. Gimana??” Tawar Anto.

“Hmmm, boleh juga, besok kira-kira dia ada gak yah To??”

“Ada Dick, gue kata sumber yang dapat dipercaya ko” Jawab Anto meyakinkan Dicka.

“Oke lah gue coba, yaudah sekarang lu pulang sono, udh mau maghrib. Gue bukannya ngusir nih To,Cuma nyuruh pulang aja ko” Ledek Dicka.

“Sialan, yaudah gue balik, sukses buat besok. Sory gue gk bisa nemenin, besok gue adaa perlu” Lalu Anto pamit pulang. Sementara malemnya Dicka sampe gak bisa tidur, ngebayangin omongan apa yang mau dia bahas besok selama ketemu Yanti. Persis kayak presiden mau pidato kenegaraan. Cuma beda nasib aja dia sama presiden, hihihihi.



Siang itu sekitar jam 2, Dicka yang tampak rapi berjalan menuju hotspot tempat Yanti biasa nongkrong. Dengan kemeja lengan panjang dan celana jeans yang tampak baru dicuci (soalnya jarang-jarang liat celananya bersih,hihihihi). Tak lupa membawa es jeruk dan batagor tanpa saos kesukaan Yanti. Waahhh ternyata bener aja, Yanti tampak sendirian di hotspot kampus sambil memainkan laptopnya. Tanpa pikir panjang Dicka menghampiri Yanti, walau tampak bener-bener gugup terlihat dari raut waajahnya. Namun itu gak menghalangi tekadnya buat bertemu Yanti hari itu.

“Hai Ti, sendirian aja nih??” Tanya Dicka memulai pembicaraan, gayanya di cool-coolin, padahal gerogi pisaaannnn.

“Eh, maaf aja mas lagi gak ada, besok aja yah saya bayar kreditnya, hihihihi” Jawab Yanti becanda. Dicka Cuma cengar-cengir kesenengan.

“Hahahaha bisa aja. Btw lg sendirian aja nih? Boleh gue temenin?” Tawar Dicka.

“Ohh boleh ko Dick, tapi jangan lama-lama yah. Takut banyak pria pada patah hati nanti liat aku lagi sama kamu” Jawab Yanti sambil senyum-senyum.

“Wahh bagus donk Ti, berarti Akulah pemenangnya, hehehehe” sahut Dicka sambil garuk-garuk kepala tanda gerogi. Yanti membalas dengan senyum. Dalem hatinya si Dicka seneg banget, macam anak esde dikasih mobil tamiya baru.

“Eh iya Ti, kebetulan aku bawa batagor sama es jeruk nih. Pas banget gue beli sepasang-sepasang kayak sepatu, kamu mau?” Tawar Dicka berharap Yanti mau dengan pemberiannya itu.

“Waduuhhhh jadi ngerepotin Dick, mau deh. Kebetulan aku baru mau beli, eh kamu udah beli duluan. Hehehe alesannya klasik banget yah aku” Jawab Yanti sambil menerima batagor dan es jeruk.

Dan begitulah selanjutnya, mungkin di bagian ini kita skip aja, soalnya romantis banget. Nanti kalian malah pada pengen lagi, kan bahaya buat yang lagi menjomblo, hihihihi.



“Dicka, gue punya berita bagus nih buat lo!!” Teriak Anto kepada Dicka lewat chat FB malam itu (kalo di chat emank kita bisa tau kalo lagi teriak apa enggak?????)

“Apaan To?? Gue juga punya cerita bagus. Tadi gue seharian di hotspot sama Yanti, bener kata lu. Dia suka banget batagor sama es jeruk, thanks yah kawan” sahut Dicka semangat

“iye Dick seloww, sekarang lu mau gue kasih berita bagus gak?’’

“Iya mau, apaan tuh?” Tanya Dicka penasaran.

“2 hari lagi di PRJ ada Maliq & d’essentials, nah si Yanti itu demen banget sama Maliq. Apalagi yang judulnya ‘Pilihanku’. Nahh buruan lu ajak dia kesana, trus pas lagu ‘Pilihanku’ lu tembak dia deh. Namanya juga dia lagi seneng nonton, pasti kebawa suasana Dick, kapan lagi nih kesempatan” Ucap Anto menggebu-gebu.

“Yeee ko jadi lu yang semangat sih To, kan gue yang ngincer itu anak”

“Abis lu lama Dick jadi orang, geregetan gue”

“Iya-iya gue coba yakinin hati gue dulu, tapi bener nih dia suka?? Antara hidup mati gue nih soalnya” Ancam Dicka.

“Tenang aja Dick, percaya sama diri lo sendiri” jawab Anto.

“Oke gue coba, terengkyu kawaannn” Kata Dicka kegirangan.

Dan hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, setelah sedikit rayuan gombal yang Dicka pelajari dari bokapnya waktu muda dulu, plus jampi-jampi dari kakeknya (yang ini enggak ding,hehehe Cuma becanda). Akhirnya Dicka udah berada di tengah-tengah panggung utama arena PRJ Kemayoran buat nonton Maliq & d’essentials. Dengan kemeja merah panjang yang tampak menyala, dan celana jeans yang kayaknya abis dicuci untuk kedua kalinya itu tampak bersemangat menggandeng seorang wanita cantik bernama Yanti. Yanti juga gak kalah keren, dengan kemeja kotak-kotak berwarna merah putih lengan panjang, celana jeans yang ketat banget kayak penjagaan istana Negara, dan tak lupa topi centil berwarna ungu yang selalu dia pakai. Keduanya sangat serasi kayak burung dara, tapi yang satu kena kutukan (jangan ditanya siapa yang dikutuk antara Yanti atau Dicka). Lalu tak lama kemudian muncul Maliq & D’essential membawakan beberapa lau, Dicka dan Yanti sangat menikmati lagu-lagu tersebut. Sampai pada lagu terakhir yang berjudul ‘pilihanku’.

Di saat lagu itulah jantung Dicka berdegup cepat, bukan karena dia jantungan, tapi karena saat lagu itu dia akan menembak Yanti. Dengan bermodalkan puisi yang dia hafal sehari semalam, dan kalo mau tau sebenernya puisi itu dia dapat dari Anto. Anto yang memberi Dicka modal puisi yang di tujukan untuk Yanti, yaa karena emang Dicka gak jago bikin puisi. Dan seetelah lagu ‘Pilihanku’ hampir habis, Dicka buru-buru memegang tangan Yanti. Menatap dalam-dalam mata Yanti, tapi sialnya Yanti malah menganggap Dicka mau memperkosanya,hihihihi, untung Yanti gak teriak minta tolong.

“Ti, Aku punya puisi yang pengen gue tujukan ke kamu, mau dengerin gak??” Tanya Dicka sedikit gugup, takut Yanti gak mau.

“Hmm, puisi apa tuh Dick? Aku mau denger dong” pinta Yanti.

“Oke kalo gitu, dengerin baik-baik yah” ucap Dicka.

Lalu dengan lantang Dicka menyuarakan puisi yang dia hafal dari Anto tersebut, sangat jantan. Sampai-sampai orang-orang memandang kearah Dicka, bukan karena simpatik dan berkesan, tapi pada sebel soalnya teriakan Dicka mengganggu mereka, hehehe.

“Puisi ini buat kamu Ti, sekaligus aku mau bilang ke kamu kalo aku sayang sama kamu. Kamu mau gak jadi pilihanku seperti di lagu Maliq tersebut??” Tanya Dicka sangat mantap, sedikit gemetaran sih, Cuma di berani-beraniin.

Yanti Cuma terdiam melihat Dicka, ada perasaan seperti tatapan bingung dimata Yanti. Seperti sia akan menanyakan sesuatu kepada Dicka. Dan benar saja, setelah sadar dari shock dan menarik nafas panjang, akhirnya Yanti buka suara.

“Dick, sebelumnya aku boleh nanya sesuatu gak sama kamu?”

“O..oohh boleh kok, Tanya aja” jawab Dicka deg-deg plas, takut pertanyaannya susah.

“Kalau boleh tau, kamu tau darimana semua kesukaan aku? Mulai dari minuman, makanan, sampai band favorit dan lagunya. Jujur yah pliss” Pinta Yanti.

“Mmmmm, sebenernya aku tau itu semua dari Anto Ti, dia yang ngasih tau semuanya tentang kamu” Jawab Anto.

“Termasuk puisi tadi yang kamu beri buat aku?”

“Engg, iya Ti, yang itu juga”

“Ya ampun pantesan sama bangett” kata Yanti sambil tertawa.

“Lho, sama apanya Ti??” Tanya Dicka masih belom ngerti.

“Dick, mulai dari kamu nyamperin aku bawa batagor n es jeruk di hotspot, trus nonton Maliq bareng, sampe puisi yang kamu kasih tadi. Semua itu bener-bener sama kayak waktu Anto deket dan nembak aku sekitar satu bulan yang lalu” Cerita Yanti.

“Haaahhhhh………. Semuanya Ti??” Tanya Dicka Shock berat.

“Iya semuanya, yang beda Cuma tempat nembaknya aja. Trus waktu itu dia ngasih aku es potong, kamu enggak, hehehehe” Jawab Yanti senyum-senyum.

“Tapi Anto kamu terima??” Tanya Dicka panik, terlebih lagi kalo Yanti sampe tau kalau sebenernya Dicka juga sempet pengen ngasih es potong, Cuma gagal waktu itu.

“Enggak Dick, aku gak punya perasaan apa-apa sama dia” Jawab Yanti kalem.

“Trus kalo aku gimana??” Tanya Dicka berharap cemas.

“Kamu sama Anto kan sahabatan, aku gak mau persahabatan kalian hancur karena aku. Lagian kalian berdua kompak banget ko, sampe-sampe pake cara yang sama” Jawab Yanti menolak cinta Dicka secara halus, tapi sambil menahan ketawa.

“Sialan, gue bener-bener dikerjain Anto, kalo ditolak jangan ngajak-ngajak gue donk!!” Ucap Dicka dalam hati sambil ngebayangin nendang sekeras-kerasnya bokong Anto.

Namun belum sempet Dicka memaki-maki Anto lewat sms, Anto keburu sms Dicka. Isinya kira2 begini :

“Gimana Dick? Sukses? Kalo lo bales sms gue sambil marah-marah berarti lo udah tau semuanya dari Yanti. Selamat ya Dick, kita emang bener-bener kompak dalam segala hal, sekalipun soal cinta. Persahabatan emang bagai kepompong brada, hahahahaha”

Dicka Cuma bisa diam, pengen marah tapi pengen ketawa juga, hahahaha….

1 komentar: