Selasa, 15 November 2011

Merdeka menurut pandangan gue

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE 66,SEMOGA...BLABLABLABLA

wow!!! hari ini gue menyaksikan sebuah kata2 yang fantastis dari sebagian besar pengguna jejaring sosial yang gue liat, salut buat mereka yang masih ingat, diingatkan, atau sekedar "ikut-ikutan". tapi gapapa, setidaknya mereka masih respect tentang kapan negara ini terbebas dari penjajahan. Tapi ada yang miris bagi gue, ternyata sebagian dari mereka yang mengucapkan kata-kata indah itu berasal karena faktor psikologis dari apa yang mereka lihat sebelumnya, lalu mencoba untuk mengikuti ucapan-ucapan sebelumnya, dan itu mungkin terjadi tanpa diikuti oleh pendalaman perasaan semangat nasionalisme dalam diri mereka..

Mungkin saja mereka mengucapkan dirgahayu sambil meminum kopi st*rbuck,atau sambil memakan makanan ala amerika, dan berpenampilan ala barat juga tentunya. tapi menurut gue pribadi, mereka tak bisa disalahkan. Mungkin itu terjadi karena mereka secara tidak sadar mengikuti ala barat karena informasi yang masuk ke dalam negara tercinta ini masuk secara bebas tanpa filter dan dibarengi dengan kesadaran nasionalisme dan kekayaan budaya bangsa sendiri, sehingga mereka 'terpaksa' mengikuti tren tersebut tanpa disadari..

coba kita perhatikan diri kita sendiri sebagai anak bangsa, sebagai putra dan putri ibu pertiwi. apakah gue, atau kita, atau kalian sudah mempunyai atau mencintai batik? apakah kita sudah mengenal budaya kita sendiri? kesenian kita sendiri? atau adat istiadat dan tata krama yang sejak dahulu diajarkan nenek moyang kita??

kalo kata temen gue sih, sebenernya kalau rujak bebek, martabak telor, sate, nasi goreng, dan masakan khas Indonesia lainnya dihidangkan secara mewah seperti restoran-restoran ala barat lainnya, pasti banyak masyarakat Indonesia yang mencicipinya dan pindah ke menu khas Indonesia. Itu terjadi karena ada beberapa atau kebanyakan dari masyarakat kita mempunyai rasa gengsi yang besar terhadap merk dari apa yang kita pakai, dan nama tempat kita makan..

Jadi menurut gue pribadi, merdeka itu adalah mencintai negeri kita sendiri. Dimulai dari mencintai dan menikmati alam nusantara yang sangat indah, mengenal budaya dan tata krama bangsa, kesenian tradisional, atau yang menurut gue juga penting adalah penerapan PANCASILA dalam kehidupan sehari-hari kita..

Semoga kita bisa merasakan merdeka yang sesungguhnya, dimulai dari kebebasan dari dalam diri kita untuk mengelola dan menikmati hasil alam kita sendiri, bukan menjadi seperti peribahasa "tikus yang mati dilumbung padi"

"modernisasi tanpa westernisasi"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar